Pengertian, Tugas, dan Fungsi Manajer

Manajer

1.    Pengertian Manajer
           Manajer adalah orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang baik yang diakui oleh organisasi untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur serta mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai tujuannya.
 Menurut Malayu S. Hasibuan, Manajer adalah sumberdaya pokok serta titik sentral setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu perusahaan. Manajer harus mengutamakan tugas, tanggungjawab, dan membina hubungan yang harmonis baik dengan atasan maupun dengan bawahan. 
            Manajer perusahaan adalah seorang yang memiliki tanggung jawab yang besar untuk seluruh bagian pada suatu perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya dan harus mempunyai wawasan yang luas.
Setiap perusahaan memiliki manajemen yang memegang berbagai peranan penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama. Ada banyak peran yang harus dimainkan / diperankan para manajer secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan peran-peran tersebut. Untuk itu, peranan manajer sangat diharapkan dapat memacu laju perkembangan suatu perusahaan.   

2.    Tugas seorang Manajer
Ø  Memimpin organisasi.
Ø  Mengatur dan mengendalikan organisasi.
Ø  Mengambangkan organisasi.
Ø  Mengatasi berbagai masalah yang dihadapi organisasi.
Ø  Meningkatkan rasa tanggung jawab.
Ø  Mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasi.
Ø  Menggali dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki organisasi atau perusahaan.


3.    Fungsi Manajer   
1.     PLANNING (PERENCANAAN)
       Kegiatan menyusun rencana, tujuan, kebijakan, prosedur, budget, dan program perusahaan. Dengan planning, para manajer berusaha untuk melihat kedepan, memperhitungkan kemungkinan- kemungkinan, menjabarkan kegiatan dan membuat urutan prioritas untuk mencapai sasaran
2.     ORGANIZING (PENGORGANISASIAN)
       Menciptakan struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sehingga hubungan antarbagian dapat menyatu. Pengorganisasian juga berarti pembagian pekerjaan antara satu orang dengan orang lain, antara unit satu dengan unit lain dan antara bagian satu dengan bagian lain.
3.     ACTUATING (PENGGERAKAN/PENGARAH AN)
       Suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan dinamis.
4.     CONTROLLING (PENGAWASAN)
       Kegiatan untuk menilai dan mengendalikan jalannya kegiatan agar mencapatujuan. Manajer mengawasi apakah pelaksanaannya dan hasilnya telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. apakah perlu ada perbaikan dan lain sebagainya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh PROPOSAL HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Contoh soal dan Jawaban Sosiologi

ANALISIS SISTEM POLITIK